Senin, 03 Juni 2013

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita


Tips  Meningkatkan
Kecerdasan  Otak  Kita

Otak merupakan pusat control yang mengendalikan hidup kita. Otaklah yang menentukan bagaimana kita berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika kita ingin mengeluarkan potensi diri semaksimal mungkin. Dengan melatih otak kita, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan.
Ingin tahu , bagaimana cara yang dapat mencerdaskan otak kita? Berikut tipsnya.

1.   Membaca
Membaca dapat melenturkan otot – otot otak dan membantu membangun “cadangan kognitif” untuk menunda timbulnya demensia.
2. Mengaktifkan tangan kiri dan tangan kanan Lakukan tugas dengan tangan non dominan. Jika dominan menggunakan tangan kanan, maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya.
3. Belajar bahasa asing Penggunaaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi darah.
4.   Ubah rutinitas Dengan menggunakan rutinitas dan pola hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif
5.   Latihan fisik Latihan fisik dapat meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan perhatian, penalaran, dan memori. Misalnya orahraga lari, maka sel – sel tubuh yang diaktifkan dengan olahraga lari akan mentransfer zat – zat molekul atau growth factor yang membuat saraf – saraf baru dan jaringan di otak koma, sehingga seorang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.
6.   Hidup Sosial Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan social kita. Misalnya dengan mengunjungi teman dan berinteraksi dengan orang lain. Jaringan social dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit alzehmeir.
7.   Menikmati music Selain mendengarkan music dan belajar , memainkan instrument music, para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indra sekaligus seperti mendengarkan music dan mencium bunga.
8.   Bermain Puzzle atau Teka – Teki Silang Teka – teki silang, puzzle, tebak kata, dan jenis puzzle lainnya dapat melatih otak khususnya otak kiri.
9.   Bermain Permainan Strategi Permainan seperti catur, monopoli atau computer lainnya akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk berpikir kreatif.
10.     Mencari Hobi Baru Tantang otak untuk menantang ketrampilan atau hal – hal yang belum pernah dilakukan. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk tetap menjaga otak untuk tetap aktif



Tidak ada komentar:

Posting Komentar