Rabu, 24 April 2013

ASAH SUARA HATI


A.    Asah Suara Hati
Tata krama sangat besar pengaruhnya terhadap harkat dan martabat manusia, dalam bertata krama ada istilah manusia tipe kedondong dan manusia tipe durian. Manusia tipe kedondong luarnya (penampilannya) halus tetapi sebenarnya hatinya kasar. Manusia tipe durian, kulit (penampilannya) kasar tetapi hatinya halus (baik). Bagaimana pandangan terhadap hal tersebut ? Dan bagaimana anda menyikapi hal tersebut dalam rangka membina hubungan yang harmonis dalam pergaulan ?
Jawab :
Pandangan saya mengenai hal tersebut adalah manusia dilahirkan ke dunia ini dengan bermacam – macam karakter yang mana antara manusia yang satu dengan yang lain belum tentu sama. Ada yang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Tuhan menciptakan manusia ke bumi ini dengan berbagai sifat. Ada manusia yang berpura – pura baik tetapi hatinya jahat (tipe kedondong), dan ada juga manusia yang penampilannya buruk tetapi sebenarnya hatinya baik (tipe durian). Menurut saya, manusia tipe kedondong itu sangat tidak baik, seperti orang munafik, dan tidak patut ditiru. Menjadi orang yang hanya penuh kepura- puraan hanya akan membawa derita bagi diri sendiri. Sedangkan untuk manusia tipe durian, saya lebih suka karena mereka tidak penuh kepura – puraaan. Akan tetapi, sebenarnya kita juga harus menjaga penampilan (wibawa atau reputasi), karena kita ini bukan hanya makhluk individu tetapi juga manusia social. Kita perlu beriteraksi dengan orang lain. Jika orang lain menganggap kita buruk (berpikiran negative) karena penampilan kita, maka kehidupan social kita juga mungkin akan terganggu. Oleh karena itu sebenarnya perlu juga untuk menjaga penampilan kita, tak perlu menjadi orang terkenal tetapi cukup dengan menjaga tindakan kita dan beramah tamah dengan tetangga atau orang yang kita temui.
Dalam menyikapi manusia tipe kedondong saya harus berhati hati. Jika seandainya saya berteman dengan manusia tipe kedondong, maka saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk bersikap biasa – biasa saja (netral), selama dia tidak mengganggu atau menyakiti saya. Akan tetapi, saya juga harus tetap berhati – hati, karena seperti yang dijelaskan tadi,  manusia tipe kedondong itu penuh kepura – puraan. Belum tentu mereka baik terhadap kita, artinya mereka suka terhadap kita. Maka, kita harus berhati – hati karena kita tak tahu apa yang ada di pikiran mereka. Apakah mereka suka – atau tidak terhadap kita, apakah tujuannya mendekati kita hanya untuk menyakiti atau tidak. Akan tetapi jika ternyata mereka mendekati saya hanya untuk menyakiti saya, Maka saya perlahan harus menjauh dari manusia tipe kedondong itu. Sedangkan untuk manusia tipe durian. Seandainya saya berteman dengan manusia tipe durian, saya harus bersikap netral seperti halnya saya berteman dengan manusia pada umunya. Kita tidak boleh menjauhi orang hanya karena penampilannya. Sebenarnya tidak ada salahnya kita berteman dengan manusia tipe kedondong atau tipe durian, asalkan kita bisa menjaga tingkah laku dan bisa tetap mawas diri terhadap segala hal.

B.     Tata Krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat. Dalam pergaulan, tata karma memegang peranan yang sangat penting agar pergaulan tersebut berjalan dengan harmonis. Setiap gerak langkah ada tata kramanya. Coba anda tulis pada lembar di bawah ini tentang tata karma bertamu ke salah satu sahabat anda.
Jawab :
Sebelum bertamu, saya akan mengabari teman yang akan saya kunjungi dengan via telephone atau SMS dan menentukan waktunya. Setelah menentukan waktunya, kita harus pergi datang tepat waktu. Setelah itu saya akan pergi ke rumah teman yang akan dikunjungi. Setelah di depan rumah, jika ada bel rumah maka pencetlah bel tersebut jika tidak, saya akan mengetuk pintu rumah. Jika ternyata yang membuka pintu bukan teman saya,  maka saya akan mengatakan keperluan saya ( mengatakan ingin bertemu dengan “menyebutkan nama teman”). Akan tetapi jika yang membuka pintu adalah teman yang akan dicari, maka saya bisa menyelesaikan urusan atau kepentingan saya. Setelah menyelesaikan kepentingan saya , maka saya akan memohon pamit kepada teman saya dan  keluarga dari teman saya yang saya temui di rumahnya.

C.     Bagaimana pandangan anda jika ada tamu yang tidak sesuai dengan sopan santun ?
Pandangan saya terhadap orang yang bertamu tetapi tidak mempunyai sopan santun adalah saya harus menilai apakah ketidak sopan santunannya bisa ditolerir atau tidak. Misalnya ada seorang tamu (teman saya/orang yang dikenal) datang jam 11 malam, mungkin saya akan  membiarkan orang tersebut masuk karena mungkin ada sesuatu yang penting. Berbeda halnya dengan tamu yang tidak dikenal dan sedang mabuk, tentu saya tidak akan membiarkan orang tersebut masuk dan jika orang yang bertamu tersebut benar – benar tidak mempunyai sopan – santun, maka saya akan mengusirnya dengan halus.

D.    Berikan tanda  pada kolom TS (tidak setuju), KS (kurang setuju), S (setuju), atau SS (sangat setuju) , dan berikan alasannya !
No
Pernyataan
TS
KS
S
SS
Alasannya
1
Tidak membanding – bandingkan orang lain, baik itu berupa jasa, kebaikan penampilan, perbuatan, harta dan sebagainya



Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena kita tidak boleh membanding – bandingkan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Meskipun antara manusia tersebut menghasilkan jasa yang berbeda. Akan tetapi semua manusia yang ada dibumi ini adalah makhluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu, kita tidak boleh membeda- bedakan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Apalagi sampai membeda – bedakan mannusia dari segi penampilan , misalnya dari segi fisiknya (tidak cantik/tampan, gemuk atau cacat) dan dari segi hartanya (misalnya orang miskin),itu perbuatan yang tidak patut dipuji. Dan kita juga tidak boleh membeda- bedakan manusia dari segi perbuatan, karena manusia tidak ada yang sempurna. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Oleh karena itu saya setuju dengan pernyataan tersebut. Selain itu kita semua juga mempunyai harkat, derajat, dan martabat yang sama di mata Tuhan karena kita semua adalah mahkluk ciptaannya.
2
Tidak mengungkit kesalahan atau kekurangan yang sedang berusaha ditutup – tutupi.



Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. Karena jika kita berbicara tentang kesalahan seseorang, kita tidak boleh menutup – nutupi kesalahan tersebut. Karena kesalahan bisa diperbaiki jadi untuk apa kesalahan tersebut harus ditutup – tutupi. Apalagi sampai menutupi kesalahan yang sangat besar, misalnya saja seseorang melakukan korupsi yang besar- besaran di Negara kita. Tentu saja kita harus mengungkapkan kesalahan tersebut. Bayangkanlah jika kita tidak mengungkapakan kesalahan tersebut (dalam hal kasus korupsi). Bagaimana nasib Negara kita ini ? Berapa kerugian yang akan diterima oleh Negara ini ? Oleh karena itu saya kurang setuju jika tidak kita boleh mengungkit kesalahan atau kekurangan yang sedang berusaha ditutup – tutupi. Tentu saja cara kita mengungkapkan kesalahan seseorang  harus menggunakan kata – kata yang sopan sehingga kita tidak menyinggung perasaan orang lain.
3
Perkembangan teknologi dapat menimbulkan dampak negative dalam kehidupan



Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. Karena perkembangan teknologi tidak hanya menimbukan dampak negative akan tetapi juga menimbulkan dampak positif. Misalnya saja ; Internet . Itu adalah salah satu contoh perkembangan tekhnlogi yang menimbulkan dampak positif. Dengan internet kita bisa mencari informasi. Sebenarnya timbulnya dampak negative atau dampak positif itu tergantung dari bagaimana cara kita memanfaatkan perkembangan teknologi itu sendiri. Jika kita menggunakan perkembangan teknologi itu untuk hal – hal yang bermanfaat dan berguna untuk orang lain (bermanfaat dalam hal positif) tentu perkembangan teknologi itu akan menimbulkan dampak positif, sedangkan jika kita menggunakannya untuk hal – hal yang buruk dan tidak berguna (merugikan) untuk orang lain tentu saja perkembangan teknologi ini akan berdampak negative. Oleh karena itu saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut.
4
Dimana langit dijunjung disana tanah dipijak



Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena setiap daerah pasti memiliki adat istiadat yang berbeda – beda. Oleh karena itu , tentu kita harus menyesuaikan tingkah laku kita di daerah dimana kita tinggal. Selain itu, kita juga pasti akan bergaul dengan masyarakat di daerah baru yang ditinggali. Tentu kita harus menyesuaikan diri dengan mereka (adat istiadatnya), karena mungkin saja ada penduduk yang tidak suka jika kita tidak menyesuaikan diri sehingga dapat menimbulkan sesuatu ysng tidak diinginkan . misalnya saja  dikuncilkan atau hal  lainnya. Oleh karena itu saya setuju dengan pernyataan tersebut. Dengan satu catatan yaitu kita juga tidak boleh melupakan adat istiadat di daerah kita sendiri.
5
Tertawa yang tidak pada tempatnya akan mengundang rasa sakit hati dan merasa terhina



Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena memang benar jika tertawa yang tidak pada tempatnya akan mengundang rasa sakit hati dan merasa terhina. Misalnya saja saat pelajaran Biologi, Guru sedang membahas tentang Materi Gen (Pembawa Faktor Keturunan). Guru menjelaskan bahwa jika salah satu  orang tuanya gemuk maka kemungkinan anaknya juga akan gemuk. Mendengar kata gemuk . beberapa siswa di kelas itu mulai menjelek-jelekkan orang gemuk . mereka tertawa dengan keras, tanpa memikirkan bahwa di kelas ada siswa yang gemuk. Tentu saja orang yang gemuk tersebut akan merasa sakit hati dan merasa terhina. Dengan demikian, kita harus menjaga sikap (perkataan) kita yaitu dengan tertawa pada tempatnya karena kita tidak tahu sikap/karakter dari masing – masing orang. Seberapa sabarkan mereka atau secepat apakah mereka marah, dan kita juga harus tahu bahwa rasa dengki  atau dendam muncul dari rasa sakit hati dan kita juga harus tahu bahwa jika orang sudah mempunyai rasa dendam, meraka dapat melakukan apa saja . misalnya saja melakukan ilmu hitam sehingga dapat membahayakan kita sendiri. Oleh karena itu saya harus setuju dengan pernyataan tersebut.
6
Tata krama sangat erat kaitannya dengan budi pekerti.



Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Karena pengertian tata krama adalah aturan tentang bertingkah laku. Sedangkan di dalam budi pekerti diajarkan tentang cara bertingkah laku yang baik dan benar. Dengan demikian saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut.
7
Pada prinsipnya tata krama memilki keterbatasan jangkauan dalam artian sesuai dengan tempat, waktu, dan keadaan.



Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. Karena tata krama ini muncul karena adanya kebiasaan dan kebiasaan ini muncul akibat adanya aksi dan reaksi dalam pergaulan. Kebiasaan ini mungkin pada awalnya akan berlaku pada lingkungan yang terbatas. Akan tetapi kebiasaan ini lama – kelamaan akan merambat ke lingkungan yang lebih luas. Dengan demikian saya setuju dengan pernyataan tersebut.
8
Tata Krama merupakan sesuatu yang kecil, namun jika dilaksanakan akan membawa yang luar biasa besarnya.



Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena jika dilihat kita sering melakukan tindakan  yang sesuai dengan Tata Krama. Misalnya tersenyum saat melihat seseorang yang kita kenal atau mengucapkan salam. Hal tersebut mungkin tindakan yang biasa tetapi pengaruhnya sangat besar. Jika di suatu daerah, semua penduduk melakukan hal tersebut, maka setidaknya hubungan harmonis di wilayah tersebut akan mulai berkembang. Tidak akan ada orang yang berpikir dirinya tidak dianggap karena tidak kita sapa. Oleh karena itu ,jika setiap orang saling tegur sapa setiap bertemu maka mereka akan menganggap dirinya dianggap dan mulai perduli dengan orang – orang sekitar. Sehingga lambat laun akan mengakibatkan keharmonisan. Oleh karena saya setuju jika Tata Krama merupakan sesuatu yang kecil, namun jika dilaksanakan akan membawa yang luar biasa besarnya
9
Norma Agama tidak perlu diterapkan dalam pergaulan karena hal itu merupakan hak asasi setiap individu.



Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. Karena jika tidak ada norma maka manusia akan bertindak seenaknya. Oleh karena itu saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut.
10
Tata Krama berpeluang untuk membina hubungan yang harmonis



Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena tata krama mengajarkan (menuntun) kita untuk berbuat yang baik dan benar. Sehingga jika kita mampu melakukan melaksanakan sesuatu yang sesuai dengan tata krama maka hal tersebut akan sangat berpeluang untuk membina/ memunculkan hubungan yang harmonis.

1 komentar:

  1. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    Livechat Casinobet77
    whatsapp : +85599495431
    PIN BBM : D6235F1C
    Wechat : casinobet77cs1
    Line : casinobet77
    skype : casinobet77
    Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

    BalasHapus